Cara Riset Keyword Iklan: Langkah-Langkah Menemukan Kata Kunci yang Menguntungkan untuk Kampanye Anda

Cara Riset Keyword Iklan  – Dalam periklanan digital, memilih kata kunci yang tepat adalah salah satu faktor penentu keberhasilan kampanye iklan Anda. Kata kunci adalah istilah atau frasa yang digunakan oleh pengguna saat mereka mencari produk atau layanan di mesin pencari seperti Google. Riset keyword yang efektif membantu Anda menemukan kata kunci yang menguntungkan dan relevan dengan bisnis Anda, sehingga Anda dapat menargetkan audiens yang tepat dan memaksimalkan ROI (Return on Investment). Artikel ini akan membahas langkah-langkah untuk melakukan riset keyword iklan dan cara memilih kata kunci yang dapat mendukung kampanye iklan Anda secara optimal.

Langkah-langkah untuk melakukan riset keyword iklan

Langkah 1: Identifikasi Tujuan Kampanye Anda

Tentukan Sasaran Kampanye

Langkah pertama dalam riset keyword adalah memahami tujuan kampanye iklan Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau mendorong lalu lintas ke situs web Anda? Tujuan kampanye akan memengaruhi jenis kata kunci yang Anda pilih.

Kenali Audiens Target

Identifikasi siapa audiens target Anda. Pertimbangkan demografi, lokasi, minat, dan perilaku mereka. Memahami audiens Anda akan membantu Anda memilih kata kunci yang relevan dan menarik bagi mereka.

Langkah 2: Brainstorming Kata Kunci

Buat Daftar Kata Kunci Awal

Mulailah dengan membuat daftar kata kunci awal yang berhubungan dengan produk atau layanan Anda. Pikirkan tentang istilah yang mungkin digunakan oleh audiens Anda untuk mencari apa yang Anda tawarkan. Jangan khawatir tentang jumlah kata kunci; fokuslah pada relevansi.

Gunakan Alat Bantu Kata Kunci

Manfaatkan alat bantu kata kunci seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, atau SEMrush untuk menemukan kata kunci tambahan yang mungkin belum Anda pikirkan. Alat-alat ini juga memberikan data tentang volume pencarian, tingkat persaingan, dan ide kata kunci terkait.

Langkah 3: Analisis Volume Pencarian dan Persaingan

Periksa Volume Pencarian

Volume pencarian menunjukkan seberapa sering kata kunci tersebut dicari oleh pengguna. Pilih kata kunci dengan volume pencarian yang cukup tinggi untuk memastikan Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Evaluasi Tingkat Persaingan

Tingkat persaingan menunjukkan seberapa banyak pengiklan lain yang menargetkan kata kunci tersebut. Pilih kata kunci dengan persaingan yang seimbang—tidak terlalu tinggi agar Anda dapat bersaing, dan tidak terlalu rendah agar kata kunci tersebut masih relevan dan berpotensi menguntungkan.

Langkah 4: Analisis Niat Pengguna (User Intent)

Pahami Niat Pengguna

Niat pengguna mengacu pada tujuan di balik pencarian mereka. Apakah mereka mencari informasi, ingin membeli sesuatu, atau hanya ingin membandingkan produk? Pilih kata kunci yang mencerminkan niat pengguna yang relevan dengan tujuan kampanye Anda.

Kategorikan Kata Kunci

Kategorikan kata kunci Anda berdasarkan niat pengguna: informasional, navigasional, komersial, atau transaksional. Ini akan membantu Anda menyusun iklan dan halaman arahan yang sesuai dengan niat pengguna.

Langkah 5: Pilih Kata Kunci Utama dan Pendukung

Tentukan Kata Kunci Utama

Pilih kata kunci utama yang akan menjadi fokus kampanye Anda. Kata kunci ini harus memiliki volume pencarian yang baik, relevansi tinggi, dan mencerminkan tujuan kampanye Anda.

Pilih Kata Kunci Pendukung

Pilih kata kunci pendukung yang dapat digunakan untuk memperkuat kampanye Anda. Kata kunci ini bisa berupa variasi dari kata kunci utama atau istilah terkait yang mungkin menarik bagi audiens Anda.

Langkah 6: Pantau dan Evaluasi Kinerja Kata Kunci

Gunakan Alat Analisis

Setelah kampanye Anda berjalan, gunakan alat analisis seperti Google Ads atau Google Analytics untuk memantau kinerja kata kunci Anda. Perhatikan metrik seperti jumlah klik, rasio klik-tayang (CTR), dan konversi.

Optimalkan Kata Kunci

Berdasarkan data yang Anda kumpulkan, lakukan optimasi pada kata kunci Anda. Buang kata kunci yang tidak berkinerja baik dan fokuskan anggaran Anda pada kata kunci yang memberikan hasil terbaik. Juga, terus tambahkan kata kunci baru yang relevan berdasarkan tren dan pola pencarian terbaru.

Kuasai Google Ads Bersama Kami!

Ingin memaksimalkan efektivitas kampanye iklan Anda? Ikuti Kursus Google Ads Offline di Garuda Digital. Dapatkan bimbingan langsung dan pelatihan mendalam untuk mengelola iklan dengan lebih baik. Daftar sekarang untuk menjadi ahli Google Ads!

Garuda Digital adalah salah satu platform yang bergerak dalam bidang Pelatihan dan Workshop Google Ads. Anda dapat belajar secara langsung dengan praktisi yang Berpengalaman puluhan tahun, Profesional serta Bersertifikat dibidang Google Ads. Kami akan memberikan pengajaran dan pengetahuan terbaik untuk anda yang ingin memajukan dan meningkatkan bisnis anda dengan Google Ads.

Selain pelatihan dan workshop, kami memberikan layanan lain yang dapat mendukung bisnis anda. Layanan yang kami tawarkan untuk anda adalah E-Course Google Ads yang berisi ilmu daging tentang Google Ads dari nol sampai mahir. Kami juga menawarkan layanan In House Training Google Ads, dimana anda dapat menyesuaikan materi, waktu dan tempat yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi dan pendamping selamanya dengan praktisi Google Ads Terbaik. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa tentang Google Ads. Dapatkan keterampilan terbaru dan tingkatkan performa kampanye iklan dengan Pelatihan dan Workshop kelas dunia dari tim ahli kami!

Daftar Workshop Surabaya, 26 - 28 Juli 2024