
Google Analytics 4: Fitur Baru dan Perbedaan Versi Lama – Google Analytics 4 atau GA4 adalah versi terbaru dari Google Analytics. GA4 memberikan banyak perubahan, mulai dari pengumpulan data, fitur hingga jenis laporan.
Anda perlu tahu jika versi Google Analytics sebelumnya akan berhenti memproses data mulai 1 Juli 2023. Sehingga anda perlu untuk memahami versi terbaru tool-tool yang ada pada Google Analytics. Artikel ini akan mengajak anda untuk memahaim lebih dalam lagi tentang Google Analytics 4.
Apa Itu Google Analytics 4?
Google Analytics 4 (GA4) adalah versi terbaru dari Google Analytics yang menawarkan beberapa fitur baru. Tool ini akan membantu anda untuk mengukur traffic dan engagement situs website atau aplikasi anda. GA4 sangat menarik, karena tool ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja.
Berbeda dengan versi lama Google Analytics 4 memiliki berbagai fitur yang bisa memudahkan anda untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang pengunjung. Salah satu fitur yang tersedia adalah kemampuan untuk melakukan pengukuran lintas platform website dan aplikasi. Anda dengan mudah untuk bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai performa website dan aplikasi dari data yang terkumpul.
Selain fitur tersebut ada juga Predictive Analytics, Custom Reports, Events Track, Conversions Track, Automated Table, Anomaly Detection, dan Audience Segments.
Berikut ini adalah perbedaan Google Analytics 4.0 dibandingkan dengan versi sebelumnya:
1. Tampilan Dasbor
Perbedaan pertama Google Analytics dan GA4 adalah tampilan dasbor.
Dimana tampilan versi sebelumnya berupa laporan angka informasi user, revenue, conversions, sessions dan menyajikan banyak data di layar yang sama. Sedangkan tampilan dasbor Google Analytics 4, terdapat tampilan yang lebih rapi dan bersih, detail data yang ditampilkan hanya data yang sesuai tracking.
Sehingga anda akan lebih mudah memahami dan menapilkan data sesuai kebutuhan anda. Perbedaan lain adalah angka informasi user, new user, average engagement time, dan total revenue.
2. Model Pengukuran
Model pengukuran juga berbeda antara Google Analytics dan Google Analytics 4. Pada Google Analytics ini berbasis hit atau sesi tindakan. Mulai page view, event, social, transaction, user timing, exception, dan app/screen view.
Google analytics ga4
menggunakan pengukuran berbasis event, dengan informasi yang lebih detail. Seperti judul halaman, lokasi pengguna, dan inforasi lainya.
3. Tracking ID
Jika anda perhatikan, tracking ID pada Google Analytics dimulai dengan huruf “UA”. Sedangkan pada Google Analytics 4, dimulai dengan huruf “G-”
4. User dan Event Data Retention
Fungsi dari tools satu ini adalah untuk mengatur penyimpanan data pengguna dalam waktu tertentu setelah website tidak aktif. Google Analytics memiliki banyak pilihan Mulai 14, 26, 38, 50 bulan hingga pilihan Do not automatically expire. Sedangkan pada GA4, pilihan data retention hanya 2 atau 14 bulan saja.
5. Cross-Device and Cross-Platform
Perbedaan pada tool ini selanjutnya adalah kemampuan untuk melakukan tracking lintas platform. pada Google Analytics hanya bisa melakukan tracking data dari website saja. Berbeda dengan Google Analytics dapat melakukan tracking data dari dua platform, yaitu website dan aplikasi.
Selain 5 perbedaan antara Google Analytics dengan versi sebelumnya seperti diatas, ada juga peredaan lainnya. Seperti Custom Dimension, Custom Metrik, Debugging, Engagement Metrics, IP Anonymization, BigQuery, Pageview, Session Counting Method, Difference in User Countts. Selain itu juga ada Explurations Report, Multiple Conditions Conversion, Users, Conversion Count, dan Bounce Rate vs Engagement Rate.
Jadi Sudahkah Tahu Tentang Google Analytics 4?
Google Analytics 4 menawarkan banyak fitur baru yang membantu memungkinkan kustomisasi dan pengoptimalan pelacakan pelanggan. Google Analytics adalah tools terbaru Google atau pengganti dari GoogleAnalytics untuk mendapatkan data pengguna yang berinteraksi dengan website atau aplikasi.
GA4 Analytics memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi pertumbuhan bernilai secara efektif. Itulah informasi seputar google analytics ga4
dan perbedaan dengan versi sebelumnya yang perlu anda ketahui, untuk informasi lainnya anda bisa langsung ke website kami Garudadigital.id
Garuda Digital adalah salah satu platform yang bergerak dalam bidang Pelatihan dan Workshop Google Ads. Anda dapat belajar secara langsung dengan praktisi yang Berpengalaman puluhan tahun, Profesional serta Bersertifikat dibidang Google Ads. Kami akan memberikan pengajaran dan pengetahuan terbaik untuk anda yang ingin memajukan dan meningkatkan bisnis anda dengan Google Ads.
Selain pelatihan dan workshop, kami memberikan layanan lain yang dapat mendukung bisnis anda. Layanan yang kami tawarkan untuk anda adalah E-Course Google Ads yang berisi ilmu daging tentang Google Ads dari nol sampai mahir. Kami juga menawarkan layanan In House Training Google Ads, dimana anda dapat menyesuaikan materi, waktu dan tempat yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi dan pendamping selamanya dengan praktisi Google Ads Terbaik. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa tentang Google Ads. Dapatkan keterampilan terbaru dan tingkatkan performa kampanye iklan dengan Pelatihan dan Workshop kelas dunia dari tim ahli kami!