Dampak terhadap penjual setelah larangan berjualan di TikTok

Dampak terhadap penjual setelah larangan berjualan di TikTok TikTok, platform  berbagi video sosial yang inovatif, telah menjadi tempat yang sangat populer bagi penjual dan usaha kecil untuk memasarkan produk melalui social commerce. Namun, beberapa negara menghadapi larangan berjualan di TikTok, menyebabkan banyak penjual menghadapi tantangan baru dan peluang berbeda. Artikel ini akan membahas dampak yang dirasakan penjual pasca larangan berjualan TikTok, serta peluang yang mungkin muncul.

Tantangan setelah larangan berjualan di TikTok

  1. Pasar turun secara signifikan: TikTok memiliki jutaan pengguna aktif setiap hari, dan kebijakan larangan penjualannya telah merugikan akses penjual  ke pasar yang  besar. Artinya, perlu mencari cara baru untuk menjangkau audiens  yang biasanya menggunakan platform ini.
  2. Kesulitan dalam memindahkan pelanggan: Penjual yang kehilangan akses ke TikTok mungkin mengalami kesulitan memindahkan pelanggannya ke platform lain. Hal ini memerlukan upaya tambahan untuk menambah basis pelanggan dan memastikan bahwa mereka tetap terlibat dan tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
  3. Persaingan ketat di platform lain: Penjual yang beralih ke platform lain untuk menjual mungkin menghadapi persaingan yang lebih ketat karena banyak penjual lain yang mengambil langkah serupa. Jadi, harus bekerja lebih keras untuk membedakan diri dan menonjol dari persaingan.

Peluang Potensial

  1. Perluas ke platform lain: Meskipun Jualan TikTok mungkin tidak lagi menjadi pilihan, penjual masih memiliki banyak pilihan lain dari platform social commerce seperti Instagram, Facebook, atau platform jual beli khusus. Dengan memilih platform yang tepat untuk produk dan audiensnya, penjual dapat memperluas jangkauan pasarnya. 
  2. Peningkatan fokus pada keberlanjutan perusahaan: Melarang penjualan di TikTok dapat memberikan peluang bagi penjual untuk memperkuat fondasi bisnis. Hal ini dapat mencakup peningkatan kualitas produk, layanan pelanggan yang lebih baik, atau bahkan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih komprehensif.
  3. Diversifikasi produk dan layanan: Penjual dapat melihat larangan jualan TikTok sebagai peluang untuk mendiversifikasi produk dan layanan. Dengan menawarkan produk yang lebih beragam atau menjajaki layanan baru, dan dapat menarik basis pelanggan yang lebih beragam.

Apa Dampak yang Anda Rasakan Setelah Larangan untuk Berjualan di TikTok?

Meskipun larangan jualan TikTok menimbulkan tantangan bagi penjual, hal ini juga membuka peluang untuk pertumbuhan dan inovasi. Penjual yang kreatif dan fleksibel dapat menemukan cara baru untuk menjangkau pelanggan, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta menjalankan bisnis yang lebih berkelanjutan. Di dunia yang terus berubah, kemampuan beradaptasi adalah kunci kesuksesan, dan penjual yang dapat beradaptasi dengan cepat akan tetap relevan dan berkembang bahkan ketika kebijakan platform berubah.

Anda dapat menggunakan platform Google Ads sebagai ganti jualan TikTok. Platform ini dapat memberikan beberapa manfaat kepada bisnis yang Anda jalankan secara online. Namun, perlu belajar terlebih dahulu untuk melakukannya. Anda dapat belajar bersama Garuda Digital di Workshop Google Ads Yogyakarta, pada 27 sampai 29 Oktober 2023 dengan spesialis platform ini!

Garuda Digital adalah salah satu platform yang bergerak dalam bidang Pelatihan dan Workshop Google Ads. Anda dapat belajar secara langsung dengan praktisi yang Berpengalaman puluhan tahun, Profesional serta Bersertifikat dibidang Google Ads. Kami akan memberikan pengajaran dan pengetahuan terbaik untuk anda yang ingin memajukan dan meningkatkan bisnis anda dengan Google Ads.

Selain pelatihan dan workshop, kami memberikan layanan lain yang dapat mendukung bisnis anda. Layanan yang kami tawarkan untuk anda adalah E-Course Google Ads yang berisi ilmu daging tentang Google Ads dari nol sampai mahir. Kami juga menawarkan layanan In House Training Google Ads, dimana anda dapat menyesuaikan materi, waktu dan tempat yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi dan pendamping selamanya dengan praktisi Google Ads Terbaik. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa tentang Google Ads. Dapatkan keterampilan terbaru dan tingkatkan performa kampanye iklan dengan Pelatihan dan Workshop kelas dunia dari tim ahli kami!

Daftar Workshop Jakarta, September 2023