
Biaya Iklan Google Ads, Bagaimana Cara Menghitung – Sudah tahukah anda dengan Google Ads? Jika anda seorang digital marketer tentunya tahu apa itu Google Ads. Apabila anda seorang yang awam dan tidak bergelut di dunia bisnis online, belum tahu apa itu Google Ads. Namun, mungkin saja anda saat ini belum mengetahui tentang Google Ads sendiri itu apa. Lalu pengertian Google Ads itu apa sih?
Google Ads adalah platform beriklan online yang dapat membantu bisnis dan individu menghasilkan lalu lintas ke situs website anda. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan penjualan anda pada mesin pencarian. Namun, jika anda ingin menggunakan Google Ads. Dengan memperhitungkan biaya iklan, anda akan bisa menakar berapa yang harus anda keluarkan untuk beriklan pada Google Ads.
Harga dan Biaya Iklan Google Ads
Seperti pada artikel lainnya, jika anda mencari metode apa yang digunakan untuk biaya iklan pada Google Ads akan sama. Perhitungan Biaya Iklan di Google Ads menggunakan metode perhitungan PPC (Pay per Click) atau bayar per klik . Jadi, anda hanya akan membayar untuk iklan ketika pengguna atau pengunjung mengklik iklan anda. Sehingga ongkos iklan Google Ads bergantung pada biaya klik, jumlah klik, dan jenis tayangan.
Anda akan diminta untuk memasukkan anggaran harian atau jumlah biaya Google Ads maksimum yang akan anda bayar. Ini akan diminta ketika anda membuat kampanye Google Ads, pembayaran ini dilakukan setiap harinya. Sebelum batas biaya harian terpenuhi, Google Ads akan terus menampilkan iklan anda.
Anda tidak perlu khawatir terlebih dahulu, karena anda masih bisa mengontrol biaya iklan anda dengan menentukan harga maksimum. Ini terjadi ketika anda siap bayar per klik, atau yang sering disebut dengan CPC (Cost per Click) pada setiap tautan iklan Anda.
Cara Menentukan Harga Max CPC
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menentukan Harga Max CPC. Anda dapat menggunakan fitur otomatis dari Google ketika akan menentukan harga max CPC anda. Namun, anda perlu mengetahui berapa banyak kunjungan yang dapat anda hasilkan melalui iklan dan menjadi berkonversi menjadi penjual. Hal ini harus anda lakukan ketika anda menentukan harga iklan Google Ads harga max CPC. Langkah ini penting bagi anda, ketika anda ingin menghitung harga max CPC.
Menghitung Biaya Iklan di Google Ads Calculator Google Ads
Langkah yang bisa anda lakukan lainnya adalah dengan menghitung biaya iklan di Google Ads Calculator Google Ads. Calculator dapat membantu anda mengestimasi biaya iklan dengan menghitung potensi lalu lintas. Selain itu juga dapat membantu mengestimasi anggaran harian yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kampanye anda.
Anda hanya perlu memasukkan jenis kampanye, kata kunci yang relevan, URL situs web, dan anggaran harian. Setelah itu, alat ini akan menampilkan estimasi biaya CPC, estimasi klik harian, dan perkiraan biaya harian.
Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mempertimbangkan faktor konversi. Ketika anda ingin menentukan harga max CPC, anda harus mempertimbangkan faktor konversi. Karena akan membantu anda untuk mengetahui berapa banyak dari pengunjung yang mengklik iklan anda kemudian melakukan tindakan yang anda inginkan. Contoh tindakan yang anda inginkan adalah membeli produk atau menghubungi Anda. Apabila konversi anda rendah, maka anda perlu meningkatkan kualitas iklan atau menyesuaikan harga max CPC anda.
Kemudian anda bisa melakukan langkah berikutnya, yaitu memperhatikan persaingan. Dapat dilihat dari seberapa pengaruh oleh tingkat persaingan pada industri anda. Jika persaingan tinggi, kemungkinan beberapa jenis kata kunci dan tayangan mungkin lebih mahal dari yang lain. Sehingga, penting bagi anda untuk melakukan riset persaingan dan mempertimbangkan tayangan alternatif. Atau anda dapat melakukan strategi kata kunci yang lebih murah.
Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah monitor biaya secara berkala. Setelah anda memulai kampanye iklan di Google Ads, penting untuk memantau biaya secara berkala dan memantau konversi dan ROI anda. Apabila biaya terlalu tinggi dan ROI anda rendah, anda harus mengoptimalkan kampanye anda untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Baca Juga Artikel : Apa Itu Google Ads ? Fungsi dan Kegunaannya
Jadi Sudah Tahu Seberapa Besar Biaya untuk Memasang Iklan Google Ads ?
Garuda Digital adalah salah satu platform yang bergerak dalam bidang Pelatihan dan Workshop Google Ads. Anda dapat belajar secara langsung dengan praktisi yang Berpengalaman puluhan tahun, Profesional serta Bersertifikat dibidang Google Ads. Kami akan memberikan pengajaran dan pengetahuan terbaik untuk anda yang ingin memajukan dan meningkatkan bisnis anda dengan Google Ads.
Selain pelatihan dan workshop, kami memberikan layanan lain yang dapat mendukung bisnis anda. Layanan yang kami tawarkan untuk anda adalah E-Course Google Ads yang berisi ilmu daging tentang Google Ads dari nol sampai mahir. Kami juga menawarkan layanan In House Training Google Ads, dimana anda dapat menyesuaikan materi, waktu dan tempat yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi dan pendamping selamanya dengan praktisi Google Ads Terbaik. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa tentang Google Ads. Dapatkan keterampilan terbaru dan tingkatkan performa kampanye iklan dengan Pelatihan dan Workshop kelas dunia dari tim ahli kami!