Apa Itu Remarketing Mengenal Lebih Dalam Lagi

Apa Itu Remarketing Mengenal Lebih Dalam Lagi artikel

Apa Itu Remarketing Mengenal Lebih Dalam Lagi – Dalam dunia pemasaran digital, ada istilah yang sering digunakan yaitu remarketing. Remarketing atau retargeting adalah strategi yang digunakan untuk menargetkan kembali pengunjung situs web yang sebelumnya telah berinteraksi dengan bisnis anda.

Untuk mempermudah dan memperjelas anda lebih dalam lagi tentang apa itu remarketing. Oleh karena itu, simak bersama artikel ini untuk mendapat jawaban yang anda inginkan.

Pengertian Remarketing

Apa itu Remarketing? Dalam konteks pemasaran digital, retargeting dan remarketing sering digunakan secara sinonim dan merujuk pada konsep yang sama. Keduanya mengacu pada strategi pemasaran yang bertujuan untuk menargetkan pengunjung situs web yang telah berinteraksi dengan bisnis anda sebelumnya. Mereka menggunakan data dan informasi yang dikumpulkan melalui cookie browser atau identifikasi pengguna lainnya. Ini untuk mengenali pengunjung yang telah meninggalkan situs web Anda dan menampilkan iklan yang relevan.

Secara umum, istilah “retargeting” lebih sering digunakan dalam konteks penggunaan iklan berbayar seperti Google Ads, sementara “remarketing” cenderung merujuk pada strategi yang melibatkan email pemasaran. Meskipun ada sedikit perbedaan dalam penggunaan istilah ini, konsep dasar dan tujuan dari remarketing dan retargeting adalah sama.

Remarketing adalah strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk menjangkau kembali pengunjung situs web yang telah meninggalkan situs anda tanpa melakukan tindakan yang diinginkan. Contohnya seperti melakukan pembelian atau mengisi formulir. Dengan menggunakan teknologi cookie, remarketing memungkinkan anda menampilkan iklan yang ditargetkan secara khusus kepada pengunjung. Dimana ketika pengunjung menjelajahi situs web lain yang merupakan bagian dari jaringan iklan.

Anda dapat melakukan strategi retargeting melalui retargeting Ads. Retargeting ads adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan penargetan iklan kepada pengunjung yang telah berinteraksi dengan bisnis anda sebelumnya. Dengan memanfaatkan data pelacakan seperti cookie browser, retargeting ads memungkinkan anda menampilkan iklan yang relevan kepada pengunjung. Dimana, pengunjung yang sudah akrab dengan merek anda di berbagai platform, seperti situs web mitra, media sosial, atau hasil pencarian. Tujuannya untuk membangun keterlibatan lebih lanjut, memperpanjang siklus penjualan, dan mendorong konversi dengan menjangkau pengunjung yang sudah menunjukkan minat sebelumnya.

Cara Kerja Remarketing?

Remarketing bekerja dengan cara yang mirip dengan retargeting. Ketika seseorang mengunjungi situs web anda, cookie akan ditempatkan di peramban web pengunjung. Cookie ini memungkinkan anda untuk melacak perilaku pengunjung. Selain itu juga dapat menampilkan iklan yang relevan saat pengunjung menjelajahi situs web lain yang terhubung ke jaringan iklan yang sama.

Manfaat Remarketing

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Remarketing memungkinkan anda untuk terus mengingatkan dan membangun kesadaran merek kepada pengunjung situs web yang telah berinteraksi dengan bisnis anda. Dengan menampilkan iklan yang relevan, anda dapat mempertahankan posisi merek anda di benak pengunjung dan meningkatkan pengenalan merek.

2. Meningkatkan Konversi

Salah satu manfaat utama remarketing adalah meningkatkan tingkat konversi. Dengan menargetkan kembali pengunjung yang telah menunjukkan minat pada bisnis anda dapat mengingatkan pengunjung untuk kembali. Serta melengkapi tindakan yang tertunda, seperti melakukan pembelian atau mengisi formulir.

3. Meningkatkan Tingkat Keterlibatan

Dalam penggunaan strategi Retargeting, Remarketing memungkinkan anda berinteraksi kembali dengan pengunjung situs web yang telah meninggalkan situs anda. Dengan menampilkan iklan yang relevan dan menarik, anda dapat mendorong pengunjung untuk kembali ke situs web anda. Selain itu juga menjelajahi lebih lanjut, dan meningkatkan tingkat keterlibatan.

4. Personalisasi Pesan

Remarketing memungkinkan anda untuk menyesuaikan pesan dan penawaran yang ditampilkan kepada pengunjung berdasarkan perilaku pengunjung sebelumnya. Hal ini membantu meningkatkan relevansi iklan dan membuatnya lebih menarik bagi pengunjung.

Contoh Remarketing

Contoh remarketing yang bisa anda temui adalah ketika seseorang mengunjungi situs toko pakaian, menelusuri berbagai produk, tetapi tidak melakukan pembelian. Kemudian, pengunjung menerima email dari toko tersebut dengan penawaran khusus atau diskon untuk produk yang dilihat sebelumnya. Hal ini adalah contoh penerapan strategi remarketing dengan mengirimkan pesan pemasaran yang relevan kepada pengunjung yang telah menunjukkan minat sebelumnya. Hal ini anda lakukan dengan harapan dapat mendorong pengunjung untuk kembali dan melakukan pembelian.

Sebelum anda melakukannya anda dapat melakukan retargeted audience. Retargeted audience adalah kelompok audiens yang ditargetkan dalam strategi pemasaran digital berdasarkan interaksi sebelumnya. Mereka adalah pengunjung situs web atau pelanggan potensial yang telah menunjukkan minat atau niat beli. Tujuannya dengan melakukan tindakan seperti mengunjungi halaman produk, meninggalkan keranjang belanja, atau melakukan konversi tertentu. Dengan menggunakan data pelacakan seperti cookie browser, retargeted audience dapat dijangkau dengan iklan yang relevan dan personal di berbagai platform. Guna memperpanjang keterlibatan, meningkatkan konversi, dan memperkuat hubungan dengan audiens yang sudah akrab dengan merek anda.

Workshop Google Ads

 

Anda bisa belajar bersama kami pada Workshop Google Ads yang diselenggarakan di Jakarta, tanggal 28 sampai 30 Juli 2023. Daftar sekarang dan temukan pengetahuan lebih mendalam tentang Google Ads di Garuda Digital!

Sudah Tahukah Anda Tentang Remarketing dan Retargeting?

Remarketing dan Retargeting adalah strategi pemasaran digital yang efektif untuk terhubung audiens yang telah berinteraksi dengan bisnis sebelumnya. Remarketing biasanya terkait dengan penggunaan email untuk mengirimkan pesan pemasaran kepada pengunjung web. Jika telah menunjukkan minat atau melakukan tindakan tertentu. Sementara itu, retargeting berfokus pada menampilkan iklan yang relevan kepada pengunjung situs web melalui platform iklan berbayar. Contohnya seperti Google Ads atau media sosial. Remarketing maupun retargeting memanfaatkan data pelacakan untuk menyampaikan pesan yang lebih personal. Serta meningkatkan peluang konversi dengan menjaga kontak dengan audiens yang sudah dikenal.

Apa itu remarketing? Remarketing adalah strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau kembali pengunjung situs web yang telah meninggalkan situs anda. Dengan menampilkan iklan yang relevan, remarketing membantu meningkatkan kesadaran merek, konversi, dan keterlibatan pengunjung. Memahami dan mengimplementasikan strategi remarketing dengan tepat, anda dapat memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran digital dan mencapai hasil yang lebih baik.

Temukan juga pembahasan Remarketing atau Retargeting lainnya pada Garuda Digital.

Garuda Digital adalah salah satu platform yang bergerak dalam bidang Pelatihan dan Workshop Google Ads. Anda dapat belajar secara langsung dengan praktisi yang Berpengalaman puluhan tahun, Profesional serta Bersertifikat dibidang Google Ads. Kami akan memberikan pengajaran dan pengetahuan terbaik untuk anda yang ingin memajukan dan meningkatkan bisnis anda dengan Google Ads.

Selain pelatihan dan workshop, kami memberikan layanan lain yang dapat mendukung bisnis anda. Layanan yang kami tawarkan untuk anda adalah E-Course Google Ads yang berisi ilmu daging tentang Google Ads dari nol sampai mahir. Kami juga menawarkan layanan In House Training Google Ads, dimana anda dapat menyesuaikan materi, waktu dan tempat yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi dan pendamping selamanya dengan praktisi Google Ads Terbaik. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa tentang Google Ads. Dapatkan keterampilan terbaru dan tingkatkan performa kampanye iklan dengan Pelatihan dan Workshop kelas dunia dari tim ahli kami!

Daftar Workshop Jakarta, 28 - 30 Juli 2023